fbpx

Blogger Sejoli Resmi Migrasi Ke WordPress

Setelah bertahun-tahun setia menggunakan platform blogger yang diusung Google, hari ini aku memutuskan untuk migrasi ke WordPress.

Ini bukanlah satu-satunya blog yang aku migrasi ke WordPress. Sebelumnya sudah ada beberapa blog. Hanya saja, selama ini, aku mempertahankan Blogger Sejoli menggunakan blogspot dalam rangka nostalgia saja. Pasalnya blog pertama kali yang aku buat sepuluh tahun yang lalu adalah blogspot.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak artikel yang kami tulis di sini, rasanya sayang kalau blog ini dibiarkan begitu saja. Tidak dirawat dengan baik seperti blog kami yang lainnya. Sesekali kami melihat statistik merasa ngenes juga karena hanya sekitar seratusan kunjungan per hari. Padahal blog kami yang lain sampai ribuan.

Membeli Layanan Hosting

Kemarin, aku melihat iklan shared hosting dari dobelhost dengan biaya langganan super murah yaitu Rp99.000 per tahun.

Pada iklan itu dikatakan juga kalau biaya perpanjangannya akan tetap sama segitu. Setelah aku lihat speknya lumayan oke akhirnya nembung Ayi sebagai menteri keuangan untuk membelikan hosting itu. Setelah di-acc aku pun segera mengeksekusinya.

Skip… Skip… Akhirnya aku migrasilah BloggerSejoli ke shared hosting baru.

Masalah SSL

Setelah beberapa saat migrasi, aku baru nyadar kalau ternyata dobelhost tidak mendukung SSL Letsencrypt. “Waduh! Gawat ini kalau harus pakai Self-Signed SSL” batinku. Aku pun menghubungi CS melalui tiket bantuan. Sayangnya memang belum support Letsencrypt untuk saat ini.

“Wah belum jodoh dengan dobelhost, nih” batinku menggerutu. Padahal spek dan harganya oke banget menurutku. Hanya karena terganjal Letsencrypt saja masalahnya bagiku.

Okelah! Untuk saat ini, aku mundur dulu. Cari yang lain. Hosting yang sudah aku beli akan aku hibahkan pada orang lain. Syaratnya cukup mudah yaitu tinggal komen pada artikel ini menggunakan email valid. Nanti aku akan minta bantuan admin dobelhost untuk memindahkan hostingnya ke email tersebut.

Kalau yang komen lebih dari satu akan aku pilih secara acak sesuai kehendak hatiku 💕.

Migrasi ke VPS

Setelah membatalkan migrasi di dobelhost, aku pun kemudian berhitung mau naruh Blogger Sejoli di server mana. Sementara ini aku memiliki 1 shared hosting paket bisnis di Niagahoster, 1 VPS paket XS dan 1 VPS paket S di CloudKilat.

Setelah menimbang beberapa saat, akhirnya aku taruh di VPS paket XS. Di sana sekarang baru digunakan 3 blog. Kalau ditambah satu lagi masih kuat menurut perkiraanku.

Masalah Redirect URL

Setelah berhasil migrasi ke VPS ternyata ada masalah lagi yaitu masalah redirect. Aku gagal mengatur redirect url format lama yang digunakan blogspot ke url format baru yang digunakan WordPress.

Bolak-balik atur htaccess masih belum berhasil juga. Ini adalah kali pertama aku menggunakan server Litespeed. Biasanya aku menggunakan Nginx. Semua VPS perusahaan yang aku kelola semuanya menggunakan Nginx.

Aku pun bilang pada Ayi. “Gak usah diurus lagi, ya. Kita anggap mulai dari 0 saja. Wong sebelum ini trafiknya juga gak banyak, kok. Tiwas buang-buang waktu saja”.

Update: hosting dari dobelhost sudah tak kasihkan ke salah satu pengirim komentar pada artikel ini. Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Blogger Sejoli Resmi Migrasi Ke WordPress”

Comments are closed.