fbpx

Cara Menghadapi Orang Yang Mengidap Kleptomania

Jenis – jenis penyakit yang dialami oleh orang ternyata bukan hanya penyakit fisik saja tetapi ada juga jenis penyakit yang menyerang psikir atau mental pengidapnya. Salah satu jenis penyakit yang menyerang psikir seseorang yaitu penyakit atau kelainan kleptomania yang merupakan penyakit gangguan kontrol impulsive yang membuat seseorang merasa selalu ingin mencuri sesuatu.

Meskipun terdengar cukup aneh tetapi nyatanya kelainan tersebut nyata terjadi pada beberapa orang. Bahkan secara tidak sadar kita mungkin pernah bertemu dengan seseorang yang mencuri padahal ia tidak memiliki motif jelas kenapa ia mencuri. Biasanya gangguan kleptomania ini bisa mulai dirasakan sejak menginjak usia remaja dan bisa semakin parah seiring dengan pertambahan usia jika tidak diobati.

Pada dasarnya mungkin orang akan berfikir bahwa kleptomania hanyalah bentuk pembelaan bagi orang yang melakukan pencurian. Tetapi sebenarnya jika dipahami lebih lanjut antara pencuri dan orang yang mengalami kleptomania keduanya sangatlah berbeda. Jika pencuri memang mengambil sesuatu karena memiliki motif tertentu, maka lain halnya dengan kleptomania yang melakukan pencurian hanya karena memenuhi hasrat saja.

Sebenarnya mungkin orang dengan gangguan kleptomania mampu untuk membeli Narang tersebut. Tetapi karena alasan ingin memenuhi kepuasan terhadap kepemilikan suatu barang dengan cara mengambil secara diam – diam itulah yang bisa dianggap bisa memenuhi keinginan orang yang mengidap kleptomania.

Rata – rata orang yang mengidap kleptomania memiliki rasa adrenalin yang cukup tinggi. Itulah yang menjadi alasan utama mengapa mereka rela melakukan pencurian hanya demi memenuhi Hasrat tersebut. Jadi sebenarnya mereka melakukan pencurian bukan karena menginginkan barang tersebut tetapi karena ingin memenuhi rasa penasaran yang mereka rasakan.

Lantas bagaimanakah jika di luar sana kita bertemu atau bahkan berteman dengan orang yang mengalami gangguan kleptomania ? Berikut cara – cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Cari Tahu Penyebabnya

Kleptomania ini merupakan penyakit yang menyerang mental seseorang, oleh kare itu anda bisa mnecari tahu apa yang membuat mental orang tersebut terganggu. Dengan begitu anda juga bisa mengetahui apa penyebab orang tersebut memiliki gangguan kleptomania. Setelah mengetahui penyebabnya anda bisa membantunya menyalurkan ke kegiatan – kegiatan yang lebih positif.

Melakukan Konsultasi

Untuk menangani orang dengan gangguan kleptomania ini memang belum ditemukan obat dan penangan yang pasti. Tapi cara lain yang bisa anda lakukan yaitu anda bisa menyarankan orang tersebut untuk melakukan konsultasi dengan psikolog. Atau anda juga bisa melakukan konsultasi dengan guru bimbingan konseling anda di sekolah terkait kondisi tersebut.

Jangan Ditinggalkan

Jika kita mendapat teman atau orang terdekat kita yang mengalami gangguan kleptomania maka hal terpenting yang harus dilakukan adalah tetap temani orang tersebut. Dengan tetap menjaga komunikasi maka akan membuat orang dengan gangguan kleptomania tersebut tetap memiliki motivasi dan juga keinginan untuk memperbaiki kondisi tersebut.

Mendekatkan Diri dengan Tuhan

Salah satu cara ampuh selain melakukan konseling adalah dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Dengan pendekatan tersebut akan membuat orang dengan gangguan kleptomania tersebut merasa bahwa ia beruntung bisa diberikan kesempatan hidup sampai sekarang.

Lebih Pengertian

Untuk bisa menghadapi orang dengan gangguan psikis maka kitapun dituntut harus memiliki kesabaran dan pengertian yang lebih. Karena sejujurnya orang yang mengalami gangguan psikis seperti ini hanya sedang mencari jati diri yang sebenarnya dengan melakukan tindakan penyimpangan tersebut. Oleh karena itu anda diharuskan tetap tenang saat berhadapan dengan orang seeprti itu.

Leave a Reply