fbpx

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan agar Blog Menghasilkan

Sebelum orang membuat blog, aku selalu menekankan bahwa membuat blog bukan jalan instan untuk mendapatkan penghasilan. Percayalah, 80% orang yang membuat blog karena termotivasi dengan besaran pengasilan blogger hits akan menyerah di tahun pertama ngeblog.

Ha piye, Rek, untuk mendapatkan job yang berupa backlink, minimal blog mempunyai DA 10. Untuk mendapatkan pengasilan adsense yang bisa ditarik setiap bulan, trafik blog minimal 5k perhari. 5ribu page-view perhari, lho.

Gimana? Ngeri sendiri? Hehehe.

Blogger hits yang penghasilan ngeblognya sampai puluhan juta perbulan itu rata-rata mempunyai banyak blog, bahkan ada yang blognya berjumlah ratusan.

Bisa sih kalo dapet job review dengan nilai jutaan perpostingan, tetapi tentu hal itu membutuhkan effort yang tidak sedikit dan sudah melalui jalan berliku dari blogger nol pruthul sampai menjadi blogger hits.

Emak K mau memutus harapan blogger pemula ya? Enggak lah, justru emak K menulis ini agar semangat juang semakin berkobar karena ternyata untuk menghasilkan uang, blog membutuhkan proses yang tidak instan.

Jadi, nikmati dulu perjuanganmu.

Rasakan manfaat ngeblog yang bejibun dari blog sebagai healing, blog sebagai catatan pribadi, sebagai sarana silaturrahim, berbagi ilmu. Money will follow. Eh

Perjalanan Bloggersejoli Me-monetize Blog

Kami ngeblog dari awal nikah, tahun 2014. Jaman itu beli hosting dengan modal nekat. Belum ngeh tentang job review titip backlink, tahunya monetize lewat Google Adsense. Setahun full ngeblog, Google Adsense baru $50. Yang berujung dijual karena enggak punya tabungan. HAHAHAHA.
Di masa transisi itu, ngeblog cuma lewat blogspot tanpa mikir Adsense lagi. Tanpa ada penghasilan. Heuheuu.
Baru mulai ngeblog lagi tahun 2016, ketemu Blogger Perempuan dan komunitas blog lain. Baru deh mulai mengerti kalau blog bisa menghasilkan dengan mengikuti aneka tips ngeblog yang dibagikan oleh blogger lain. Aku masih ingat, job pertama yang kuterima cuma 50k itu pun nulis dewe. 
Tahun 2019, payout pertama Google Adsense di blog widiutami dan nusagates, itu pun setelah nunggu beberapa bulan. Yamg diikuti dengan payout berikutnya dan rate job review, content placement yang mulai meningkat. Alhamdulillah.
Jadi, berapa tahun perjuangan kami untuk me-monetize blog? Dua tahun untuk menuju DA yang layak menerima backlink, itupun baru 50k. Nyaris empat tahun untuk merasakan payout Google Adsense dan membangun beberapa blog lagi.
Enggak instan.
Membangun blog ibarat membangun startup. Diawal kita bakal rugi kuota, rugi tenaga nulis, rugi membayar domain maupun hosting.
Ini membutuhkan waktu dan tentu saja mental untuk melalui hari-hari memeras keringat tanpa bayaran.
Jadi jangan meniatkan blog untuk resign pekerjaan. Resign lah jika blog sudah mempunyai penghasilan tetap, pageview yang stabil dan berbagai penunjang lainnya.

Leave a Reply