fbpx

Ini 6 Format Konten yang Terbukti Menghasilkan Banyak Backlink

Backlink adalah salah satu parameter penting yang diperhitungkan oleh Search Engine dalam menentukan peringkat suatu web atau blog. Semakin banyak backlink dari web atau blog yang berkualitas maka ssmakin bagus pula untuk meningkatkan ranking blog atau web kita di mata search engine.

Dean dalam blognya mengulas dengan sangat lengkap mengenai cara mendapat backlink yang berkualitas menggunakan teknik white hat SEO.

Menurut Dean salah satu trik untuk mendapatkan banyak backlink yang berkualitas adalah dengan memperbanyak konten dengan format berikut ini.

Artikel Daftar atau Kompulan

Contoh artikel daftar adalah semisal:

  • 7 Univeristas Terbaik di Indonesia
  • 5 Gambar Meme Yang Terbukti Bikin Heboh
  • 7 Keajabian Wanita, Salah Satunya Bikin Merinding

Kuis

Konten berbentuk kuis yang menarik biasanya akan membuat orang tertarik untuk membagikannya kepada orang lain. Entah karena tertantang untuk berkompetisi atau ingin menunjukkan kemampuannya.

Kuis juga dapat mengundang blogger atau penulis untuk memvuat review sebagai bahan konten. Ini menjadi peluang untuk mendapatkan backlink.

Artikel “Mengapa”

Format artikel yang menggelitik rasa penasaran akan berpotensi viral. Ini sudah terbukti mendatangkan banyak backlink berdasarkan eksperimen BuzzSumo.

Artikel “Bagaimana Caranya”

Mirip dengan format artikel “mengapa” artikel berformat “bagaimana caranya” yang dikemas dalam bentuk tutorial atau tips dan trik dapat mengundang banyak backlink berkualitas.

Infografis

Seiring berkembangnya dunia publikasi, seseorang seringkali tidak sempat membuat infografis yang dapat membantu menjelaskan apa yang dipikirkannya. Dengan begitu, mereka mencari di internet.

Orang-orang yang merasa cocok dan terbantu dengan infografis yang kita terbitkan akan memberikan atribusi pada kita. Entah rujukan sumber itu berupa link aktif atau sekedar nama plain saja.

Salah satu media di Indonesia yang paling sering menerbitkan infografis adalah Tirto. Berkat itu, artikel Tirto sering viral.

Video

Hampir sama dengan infografis, kekuatan visual didukung dengan audionya dapat meningkatkan engagement pemirsa untuk membagikan kepada orang lain.

Semakin banyak orang yang membagikan maka semakin besar pula potensi kita untuk mwndapatkan backlink berkualitas.

Leave a Reply