fbpx

Menjalankan Puasa Ramadhan Sesuai Kaidah Food Combining

Ini adalah kali ketiga ramadhan kami menjalankan puasa sesuai juklak FC atau Food Combining. Itu artinya ini adalah tahun ketiga kami resmi menjalankan pola makan FC ini menggantikan pola makan lama kami yang amburadul.

Menu sahur pada hari pertama puasa kemarin adalah diawali dengan minum segelas jeruk nipis peras atau jeniper kemudian dilanjutkan dengan makan potongan buah pepaya setelah jeda beberapa saat. Menu sahur kloter kedua masih menggunakan buah pepaya juga setelah itu ditutup dengan jus stroberi dicampur kurma.

Sebagian menu sahur hari pertama puasa ramadhan
Sebagian menu sahur hari pertama puasa ramadhan

Sebetulnya bisa saja pada kloter kedua diganti dengan potongan buah sawo yang telah disiapkan istri. Hanya saja, aku baru icip sedikit sudah eneg dengan rasanya sehingga tidak aku teruskan.
Sebagai informasi, aku memang terbiasa makan sahur minimal 3 kali dengan jeda makan buah masing-masing sekitar 20 sampai 30 menit. Masing-masing kloter makan sahur selalu diselingi dengan segelas air putih. Sehingga waktu sahur yang aku butuhkan relatif lebih lama.
Pada sahur hari kedua saat ini, kloter pertama menu sahur yang aku makan adalah pepaya California. Kloter kedua dilanjutkan dengan makan potongan buah sawo dan kloter ketiga ditutup dengan buah yang mengandung sedikit karbohidrat yaitu kurma dan pisang.

Sebagian menu sahur hari kedua puasa ramadhan
Sebagian menu sahur hari kedua puasa ramadhan

Aku merasakan kasiat yang luar biasa sahur dengan hanya makan buah saja. Tubuh ini rasanya lebih ringan dan tidak mudah mengantuk selama menjalani puasa sepanjang hari.

Leave a Reply