fbpx

Pengalaman Migrasi Blog WordPress.com Ke Self Hosted

Beberapa hari yang lalu, Widut diminta bantuan oleh temannya untuk migrasi blog dari wordpress.com ke self hosted. Berbekal pengalannya migrasi blog dari Blogspot ke WordPress Self Hosted, ia memberanikan diri untuk mengiyakan permintaan temannya itu. Ia membayangkan kalau migrasi yang akan dilakukan semudah sebagaimana yang telah dilakukan sebelumnya yaitu dari blogspot ke Worpess Self Hosted. Namun, ternyata ia kepentok masalah.

Masalah yang dihadapinya adalah gambar-gambar yang ada di dalam artikel gagal diimpor ke blog baru yang sudah dibuat. Sedangkan semua artikelnya berhasil diimpor. Dia berusaha mengontak CS Dewaweb untuk meminta bantuan. Akan tetapi bantuan yang didapat belum bisa mengatasi masalah tersebut. Akhirnya dia memintaku untuk turun tangan.
Setelah melihat apa yang terjadi dan apa yang telah dilakukan oleh Widut dan tim teknis Dewaweb, aku berinisiatif untuk mencoba mengimpor artikel dan media-medianya menggunakan WordPress-CLI. Untuk melakukannya, aku membutuhkan akses SSH ke hosting. Aku meminta akses SSH ke CS Dewaweb dan diberitahu kalau bisa mengaksesnya menggunakan user dan password yang digunakan untuk login ke CPanel.
Setelah login ke SSH, aku segera menginstall WordPress-CLI dan mengupload file xml hasil export dari wordpress.com ke folder public_html. Setelah itu, aku jalankan perintah import menggunakan WordPress-CLI. Sayangnya, proses import tidak berjalan dengan mulus. Baru berjalan import beberapa item sudah killed. Hal ini terjadi berkali-kali. Membayangkan aku harus mengulangi menjalankan command import berkali-kali sampai ribuan kali membuatku mengurungkan niat untuk melanjutkan.

Aku berusaha mencari tahu penyebab killed tersebut. Melihat penggunaan RAMnya masih sedikit tapi kok gak kuat digunakan untuk import artikel membuatku merasa aneh. Tapi aku tidak mau ambil pusing. Aku kemudian memutuskan untuk mencoba mengimport artikel-artikel itu ke VPS yang kumiliki. Ternyata semuanya berhasil diimport dengan baik di sana.
Lalu masalahnya apa? Berdasarkan asumsiku adalah:
  • Ada batasan penggunaan resource pada shared hosting
  • Penggunaan RAM yang ditampilkan di CPanel bukanlah realtime

Leave a Reply