Publisitas Kebudayaan di Era Digitalisasi

Publisitas Kebudayaan di Era Digitalisasi
Publisitas Kebudayaan di Era Digitalisasi 2

Di zaman yang sudah maju ini, pengenalan berbagai macam kebudayaan tidak hanya bisa dilakukan secara konvensional tetapi bisa juga dilakukan dengan menggunakan media sosial sebagai wadah pengenalan budaya. Hal ini memberi dampak positif karena dengan waktu yang singkat, dan biaya yang lebih hemat, kita dapat memperkenalkan budaya kita ke luar daerah, bahkan bisa sampai ke luar negeri. Memperkenalkan budaya Indonesia merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kita sebagai penerus masa depan agar budaya Indonesia tidak seenaknya di klaim oleh negara orang.

Salah satu sarana yang mendukung kita untuk memperkenalkan kebudayaan secara online dengan menggunakan sosial media adalah keberadaan internet. Jika tidak ada internet kita tidak akan bisa melakukan hal tersebut dengan mudah. Maka betapa bersyukurnya kita hidup di zaman yang serba mudah. Kegiatan apapun menjadi lebih mudah dengan adanya internet. Kita juga jadi dapat mengetahui beragam kebudayaan yang ada di luar daerah kita. Begitulah manfaat internet yang mempermudah kita dalam mencari informasi.

Juga dengan tidak terbatasnya internet yang ada sekarang, kita bisa memanfaatkan itu sebagai salah satu cara untuk memperoleh penghasilan. Misalnya dengan memposting tarian, nyanyian atau kebudayaan lainnya di youtube. Lalu jika kita berhasil mempromosikan itu dengan baik, kita bisa mendapatkan views yang banyak, maka adsense dari youtube itu sendiri akan kita dapatkan. Menarik bukan, sekalin kita bisa memperkenalkan budaya Indonesia, kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari hal tersebut.

Selain membuat video di youtube, bisa juga kita membuat berbagai macam artikel dan mempostingnya di blog. Hal yang sama juga terjadi, jika mempromosikan dengan baik, dan banyak orang yang membaca artikel di blog kita, kita juga akan mendapatkan penghasilan. Dua hal tersebut merupakan salah satu hal yang membuat kita merasakan betapa bermanfaatnya internet itu. Karena itu juga, mari kita sebagai anak bangsa penerus masa depan kita memperkenalkan budaya Indonesia ke kancah internasional.

Tidak lupa juga, kita juga harus memperkenalkan kebudayaan kita kepada adik-adik kita. Kita perkenalkan mereka terhadap kebudayaan sedari kecil, bisa melalui video yang kita lihat dari youtube atau melalui platform yang lain. Setidaknya mereka sedari kecil sudah tidak asing terhadap budaya kita. Bisa kita perlihatkan tarian reog, lagu-lagu daerah, atau pertunjukan tentang kebudayaan. Sebisa mungkin agar adik-adik kita tidak begitu terpengaruh budaya dari luar sehingga tidak melupakan budayanya sendiri.

Sebagai anak muda yang paham tentang manfaat internet ini, sudah sebaiknya kita juga mengajarkan bagaimana penggunaan internet kepada orang yang belum begitu memahami tentang internet, biasanya dialami oleh orang tua, karena biasanya orang tua itu menganggap jika menggunakan internet itu sulit. Padahal mereka belum tahu mudahnya masyarakat Indonesia sekarang dalam menggunakan internet. Hal ini dilakukan agar selain membuat negara Indonesia lebih berkembang juga agar lebih banyak lagi orang yang dapat memperkenalkan budaya indonesia. Lebih banyak lagi orang yang mempromosikannya.

Internetnya Indonesia saat ini memang sedang maju-majunya. Salah satunya yaitu layanan IndiHome dari PT Telkom Indonesia yang memang sudah berkompeten dalam menangani koneksi internet di Indonesia. IndiHome ini sudah terkenal karena kecepatan koneksinya yang mampu membuat pelanggan puas saat berlangganan IndiHome ini. Dengan kualitas yang menakjubkan, sudah tidak ada alasan lagi bukan untuk berlangganan IndiHome ini.

Selain itu, IndiHome juga merupakan jaringan internet yang anti virus dan dengan perlindungan yang ekstra jadi jangan khawatir karena kita sudah sangat aman dalam menggunakannya. Selain menyediakan layanan koneksi internet, IndiHome juga menyediakan layanan untuk saluran TV dan saluran telepon. Yang paling penting, saat menggunakan IndiHome kita bisa membayar dimana saja dan darimana saja. Jadi hal itu sangat memudahkan kita bukan. Tidak perlu datang ke kantor atau lain sebagainya, kita bisa membayar lewat m-banking, alfamart, ataupun indomaret.

Leave a Reply

%d bloggers like this: