fbpx

Tantangan Meningkatkan Hb Saat Hamil

Hari ini, aku mengantarkan Ayi sowan ke Ibu Alam untuk konsultasi gizi. Di sana, kami ditemui oleh mbak Dea, ahli gizi yang direkomendasikan oleh ibu Prita. Mbak Dea sangat asyik dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan kami. Beliau juga sangat terbuka dan memahami terkait pola makan FC yang kami jalani. Kesimpulan dari konsultasi gizi tadi adalah Ayi kurang … Read more

Traveling Pertama Bareng Keluarga dengan Budget Ngepres

Traveling pertama bareng si K dan abah K dengan budget super ngepres. Bisa dibilang traveling ini adalah traveling ternekat yang tidak terencana, baik initerary maupun budgetnya. Nekat bin ngenes! Heu. Dari Bojonegoro ke Salatiga, Mampir (?) Jogja Mampir? Ngelindur atau gimana ini emak K. Enggak sejalur kok dibilang mampir. Hahaha. Saat itu bulan Juli, habis … Read more

Alasan Membiarkan Anak Main Game

Aku tidak melarang si K main game. Malahan aku seringkali menemaninya main. Ketika dia sedang kesulitan menyelesaikan level game, biasanya dia akan minta bantuan padaku. Tak peduli aku sedang sibuk atau tidak. Tujuanku masuk ke dalam dunianya adalah agar bisa menjadi kawannya yang diajak berbagi suka maupun duka. Cara ini kurasa lebih efektif untuk membatasinya … Read more

Pasangan sebagai Support System Terbaik untuk Mencintai Diri Sendiri

Sebelum menikah, aku memang terlihat sudah bisa menerima keadaanku sendiri, mencintai diri sendiri, tetapi ternyata masih ada sisa-sisa dimana aku belum mampu mencintai diri sendiri seutuhnya. Ada hal-hal dimana aku membenci posisiku yang tidak bisa melakukan sesuatu karena keterbatasan telinga. Sedikit, tetapi cukup mengganggu. Karena yang sedikit ini justru sering muncul. Sedikit yang membuatku sering … Read more

Tetap Makan Sehat saat Ngebolang, Mungkinkah?

Sering banget ada yang bertanya, bafaimana saat ngebolang, apakah masih tetap lanjut menjalani Food Combining ataukah berubah haluan demi menikmati kuliner? Dulunya, kami membebaskan diri saat travelling. Melonggarkan aturan makan dengan jajan seketemunya. Eh, kebablasan. Saat itu aku makan mie ayam, sementara Abah K tetap makan seperti biasanya. Hasilnya? Bukannya segar, setelah travelling malah ambruk. … Read more

Mengelola Rasa Sedih, Marah dan Merasa Dipermalukan; Dibalik Layar KataKeren

“Sedih itu manusiawi, tetapi gimana kamu mengekspresikan rasa sedihmu, itu pilihan.” -abah K- Rasa sedih, marah sekaligus merasa dipermalukan karena ekspresi protes atas tulisanku yang dicopas berantai caranya keliru, ternyata mengantarkanku pada langkah baru. Aku masih ingat saat aku menemukan tulisanku dicopas berantai dengan nama penulis yang berubah-ubah, aku men-screenshoot-nya, memposting pada laman facebook dengan … Read more

Lika-liku Blogging BloggerSejoli, Dari Blogspot, Hosting sampai VPS

Kami ngeblog dari tahun 2014. Ehm, lebih tepatnya ngeblog bareng. Abah K sih udah ngeblog sejak jaman masih nginep di warnet. Hahaha. Tahun 2014, kami bikin blog pake wordpress self hosted, mbayarnya megap-megap. Sudah dapet Adsense $50 tapi tak kunjung bertampah, akhirnya dijual saat kami bener-bener bokek dan berakhirlah riwayat wordpress self hosted yang enggak … Read more

Berhentilah Menyalahkan Korban Kejahatan

Budaya menyalahkan korban (victim blaming) masih kuat di Indonesia. Jangankan korban kejahatan orang lain,  lha wong kena musibah saja seringkali juga disalahkan, kok. Misal ketika seseorang kehilangan sesuatu maka akan disalahkan dan dianggap lalai atau kurang berhati-hati dalam menyimpan atau membawa barang. Wanita paling banyak mengalami victim blaming di Indonesia. Misalnya orang yang menjadi korban … Read more

Belajar Menjalani Ujian Hidup

Terhitung sudah setahun kami memulai hidup di Semarang untuk membangun karir. Berawal dari ajakan untuk membuat startup oleh pak Yono, kami memutuskan mengambil peluang mengiyakan ajakannya. Meskipun saat itu, kondisi kesehatanku benar-benar sangat memprihatinkan.  Saat itu, yang menjadi sumber dilema adalah kondisi kesehatanku. Jika aku kerja rasanya proses penyembuhanku akan sedikit terganggu namun kalau tidak … Read more