fbpx

Cara Jitu Mengatasi Asam Lambung Naik Berdasar Pengalaman

Penyebab naiknya asam lambung atau disebut dengan refluks bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah akibat suka ngemil.

Aku sendiri mengalami asam lambung naik seringkali karena makan makanan pedas, berminyak, terbuat dari terigu, minum teh, merokok, atau lainnya.
Sensasi yang kualami saat asam lambung naik dapat berupa dada terasa panas dan nyeri, nyeri di ulu hati, jantung berdetak sangat cepat, mata berkunang-kunang, nafas tersengal, atau sensasi lainnya. Tergantung seberapa banyak produksi asam lambung tambahan yang dihasilkan.
Dulu, aku pernah mencoba saran dari tetangga mulai dari ngemut permen karet, minum wedang jahe, sampai minum obat tertentu tapi tidak ada hasilnya dalam jangka panjang. Masing sering kambuh lagi. Malah terasa semakin parah.
Setelah menjalani lika-liku perjalanan pengobatan dari yang tradisional sampai yang klinis akhirnya menemukan pola yang sangat cocok untuk diterapkan yaitu.
Perbaiki pola makan. Evaluasi food diary atau catatan makanan apa saja yang dikonsumai selama minimal 3 hari terakhir. Kalau sudah fix asam lambung naik karena pola makan yang amburadul atau karena makan pantangan ya distop dulu makan ngawurnya. Perbaiki pola makan dan ganti makanan dengan yang ramah pencernaan seperi buah-buahan dan sayuran. Perbanyak makan buah dan sayur segar tanpa gula dan perasa lainnya. Boleh dijus boleh dimakan begitu saja yang penting bersih. Ikuti pola makan Food Combining (FC) kalau perlu.
Saat asam lambung sedang naik, biasanya yang paling jitu untuk mengatasinya adalah:
  • Kalau levelnya masih biasa, minum air hangat bisa meredakan. Segera bisa bersendawa atau kentut
  • Kalau sudah agak menimbulkan banyak sensasi maka andalanku selama ini adalah minum jus timun. Kalau ingin lebih cepat efeknya bisa dicampur timun dengan kol. TANPA GULA, PEMANIS, ATAU PERASA LAINNYA.
Orang-orang bilang kalau kol itu menyebabkan timbulnya gas, ya? Sejauh pengalamanku, kol sangat bagus untuk menurunkan asam lambung selama dikonsumsi dalam keadaan MENTAH (tidak dimasak). Kalau dimasak memang malah akan menambah produksi asam lambung dengan cepat. Sama halnya dengan santan jika dikonsumsi mentah bagus untuk kesehatan namun jika dimasak maka lemak jenuhnya dapat menyebabkan gangguan kesehatan.
Selama 2 tahun terakhir ini Alhamdulillah aku sudah tidak mengonsumsi obat-obatan penurun asam lambung lagi. Cukup mengandalkan jus sayur terutama kol dan timun itu jika sedang mengalami asam lambung naik.

Leave a Reply