fbpx

7 keutamaan bulan ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan pahala. Hadirnya bulan ramadhan sangat dinantikan. Yuk simak berikut ini 7 keutamaan bulan ramadhan.



1. bulan penuh keberkahan

Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan. Keberkahan bulan Ramadhan juga bisa kita lihat dari aspek perekonomian, di mana Ramadhan memberi keberkahan ekonomi bagi para pedagang dan lainnya. Dan untuk para fakir miskin, Ramadhan membawa keberkahan juga. Karena di bulan Ramadhan, seorang muslim dianjurkan dan disunahkan agar berinfaq juga bersedekah. Dan memiliki kewajiban untuk membayar zakat fitrah.

2. bulan penuh ampun

Bulan Ramadhan juga memiliki keutamaan agar memberi kesempatan yang paling baik untuk penghapusan dosa-dosa yang selama ini pernah seseorang perbuat. Bulan Ramadhan merupakan waktu yang sangat tepat dan baik agar mengambil kesempatan bertaubat. Nabi SAW bersabda yang artinya: “Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR Muslim)

3. bulan pengabulan doa-doa

Salah satu keutamaan bulan ramadhan juga adalah dikabulkannya doa doa yang kamu panjatkan. Maka semua umat muslim yang menunaikan ibadah puasa Ramadhan, segala doa bisa dikabulkan oleh Allah SWT. “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizholimi”. (HR At Tirmidzi no. 3598. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan)

4. bulan turunnya al quran

Bulan ramadhan juga merupakan bulan Alquran atau syahrul Quran. Turunnya Alquran di bulan Ramadhan ini jadi bukti nyata terhadap kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan. “Bulan Ramadhan merupakan (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, jadi petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)”. (QS Al-Baqarah: 185).

5. bulan ditutupnya pintu neraka dan dibukakannya pintu surga

Kerika bulan ramadhan pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan diikat. Maka dari itu Allah SWT telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya agar masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang dilakukan di bulan Ramadhan.

6. bulan dengan malam seribu bulan

Salah satu malam yang terjadi dibulan ramadhan adalah Malam seribu bulan atau Laitatul Qadar. Di Alquran, malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari malam seribu bulan. Kita bisa dapat keberkahan yang nilainya sama dengan malam seribu bulan. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan, dan di 10 hari terakhir bulan puasa. Allah berfirman yang artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS AlQadr:1-3).

7. Ibadah yang wajib

Syahrush shiyam atau bulan puasa merupakan sebutan untuk bulan ramadhan. Bulan ramadhan ini menjadikan satu bulan yang lebih istimewa. Dan bulan ramadhan ini merupakan rukun Islam yang tidak ditemukan di bulan bulan lainnya. Ini terdapat pada Alquran surah Al-Baqarah ayat 183, Allah berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang yang bertaqwa.” Firman Allah ini didukung dalam hadits diriwayatkan HR Ahmad, Rasulullah SAW bersabda: “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa.”

Leave a Reply