fbpx

Bacaan Niat Sholat Tarawih Dan Witir Lengkap Dengan Tata Cara Pelaksaannya

Datangnya bulan Ramadhan tentu disambut dengan penuh antusias oleh seluruh umat Muslim. Di bulan Ramadhan ini, umat Muslim melaksanakan ibadah sholat tarawih. Shalat tarawih adalah sholat sunah yang dilaksanakan oleh umat muslim diseluruh dunia saat bulan puasa. Meski hukumnya sunah, namun setiap umat Muslim yang melaksanakan sholat tarawih akan mendapatkan pahala yang besar. 


Dalam hadist dari HR. Bukhari Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa, “Barangsiapa yang melaksanakan ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni dosa yang telah lampau.”

Selain akan diampuni dosanya, keutamaan lain yang akan didapat setiap muslim saat melaksanakan Ibadah sholat tarawih adalah sebagai berikut : 

  1. Mendapat pahala yang setara dengan melakukan Sholat Qiyamul Lail Semalam Penuh

Jika seorang muslim melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah bersama imam maka pahala yang didapat akan setara dengan melakukan sholat qiyamul lali selama satu malam penuh 

  1. Meningkatkan Ketakwaan Dan Mendekatkan Diri Pada Allah

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan penuh ampunan. Setiap Muslim akan saling berlomba untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT pada bulan ini. Melaksanakan sholat tarawih setiap malam di bulan Ramadhan merupakan bentuk ketakwaan seorang hamba dalam memohon ampunan dan bentuk pasrah diri. 

  1. Meningkatkan Kesehatan

Umat Muslim yang melaksanakan sholat tarawih dalam rakaat cukup banyak secara rutin, maka hal tersebut dapat memberikan dampak baik bagi setiap sendi yang ada ditubuh mereka. Tidak hanya itu, sholat tarawih juga dapat membakar kalori setelah menyantap makanan berbuka. 

  1. Mempererat Tali Silaturahmi Sesama Muslim

Keutamaan sholat tarawih yang selanjutnya adalah dapat mempererat tali silaturahmi. Dengan melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah, maka kita secara tidak langsung sedang melaksanakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam agama Islam, yaitu silaturahmi. 

Sholat tarawih dilaksanakan 8 rakaat hingga 20 rakaat. Namun, dalam melaksanakan sholat tarawih, masih banyak orang yang lupa bacaan niat sholat tawarih. Berikut dibawah ini ulasan bacaan niat sholat tarawih dan witir lengkap dengan tata cara pelaksaannya :

  1. Tata Cara Sholat Tarawih

  • Membaca niat sholat tarawih dalam hati

  • Membaca takbir saat takbiratul ihram

  • Membaca taawuz dan surah al-fatihah, lalu diikuti dengan membaca salah satu surah dalam Al-Quran

  • Rukuk

  • I’tidal

  • Sujud pertama

  • Duduk diantara dua sujud

  • Bangkit dari duduk, kemudian lanjutkan dengan rakaat kedua dengan gerakan yang sama 

  • Salam pada rakaat kedua

  • Lafalkan istighfar lalu membaca doa setelah sholat tarawih. 

  1. Bacaan Niat Sholat Tarawih 

“Ushalli sunnatat tarawihi rak’ataini mustaqbilal qiblati ada’an ma’muman lillahi ta’ala.”

Artinya, “Aku niat sholat tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum, karena Allah SWT.”

  1. Tata Cara Sholat Witir

Setelah melaksanakan sholat tarawih lanjutkan dengan melaksanakan sholat witir. Sholat witir merupakan penutup sholat tarawih dengan jumlah rakaat ganjil. Sholat witir dapat dilaksanakan sebanyak 1 rakaat ataupun 3 rakaat, masing-masing dilaksanakan dengan 2 rakaat lalu diakhiri dengan salam. 

Adapun bacaan niat sholat witir 1 rakaat adalah seperti ini : 

“Ushalli sunnatam minal witri rak’atal lillaahi ta’ala.”

Artinya, “Aku niat sholat witir satu rakaat karena Allah Ta’ala.”

Sementara bacaan niat sholat witir 3 rakaat adalah seperti ini :

“Ushalli sunnatal witri tsalaasa rak’atain lillaahi ta’ala.”

Artinya, “Aku niat sholat witir tiga rakaat karena Allah Ta’ala.”

Leave a Reply